Selasa, 15 Maret 2011

No Smoking

Diposting oleh dwita is Miss CueX di Selasa, Maret 15, 2011
Salam buat Kalian semua, Pembaca blogger ku... disini ku ingin sharing bersama pembaca tentang "Rokok".
 Aku ga tahu sejak kapan, Aku mulai ga suka dengan namanya "ROKOK". padahal, saat umur ku masih 7 atau 8 tahun, ku pernah ngerasain rokok itu, itu pun sisa rokok ayah ku... heeheehee parah yaa,, tapi itu hanya berlangsung 2 kali ajach, saat aku ketahuan ibu ku, ya aku ga mau lagi sampai sekarang. :P
Seiringnya bertambah umur ku, ku banyak membaca artikel, majalah, penyuluhan menganai bahayanya merokok terutama untuk wanita, sehingga setiap labek rokok pasti ada tulisan :
“Merokok Dapat Menyebabkan kanker, Serangan Jantung, Impotensi, dan Gangguan Kehamilan dan Janin”
Nah,, kalo sudah ada peringatan seperti itu disetiap label rokok, kenapa masih banyak orang yang mengkonsumsi rokok??? iyaa... memang ga semua rokok itu berbahaya, tetapi kembali ku tekankan, ku hanya ingin sharing mengenai rokok yang merugikan saja, yang jelas buat kesehatan.

Nah... ini sedikit artikel yang ku baca tetang rokok : cekidot :P

Mungkin anda sudah tahu bahwa menghisap asap rokok orang lain di dekat anda lebih berbahaya bagi anda daripada bagi si perokok itu sendiri. Asap Utama adalah asap rokok yang terhisap langsung masuk ke paru-paru perokok lalu di hembuskan kembali. Asap Sampingan adalah asap rokok yang dihasilkan oleh ujung rokok yang terbakar.

Masalahnya adalah, udara yang mengandung asap rokok, dan anda hisap, akan mengganggu kesehatan, karena asap rokok mengandung banyak zat-zat berbahaya, diantaranya :
TARMengandung bahan kimia yang beracun, sebagainya merusak sel paru-paru dan meyebabkan kanker.

KARBON MONOKSIDA (CO) Gas beracun yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen.

NIKOTIN Salah satu jenis obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah, nikotin membuat pemakainya kecanduan.

Bila anda berada di ruangan berasap rokok cukup lama, maka ketiga zat beracun di atas akan masuk ke paru-paru anda.
Selama beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah membuktikan bahwa zat-zat kimia yang dikandung asap rokok dapat mempengaruhi orang-orang tidak merokok di sekitarnya. Perokok pasif dapat meningkatkan risiko penyakit kanker paru-paru dan jantung koroner. Lebih dari itu menghisap asap rokok orang lain dapat memperburuk kondisi pengidap penyakit :

ANGINA
Nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah pada jantung.

ASMA
Mengalami kesulitan bernafas.

ALERGI
Iritasi akibat asap rokok.

Gejala-gejala gangguan kesehatan :iritasi mata, sakit kepala, pusing, sakit tenggorokan, batuk dan sesak nafas.Wanita hamil yang merokok atau menjadi perokok pasif, meyalurkan zat-zat beracun dari asap rokok kepada janin yang dikandungnya melalui peredaran darah. Nikotin rokok menyebabkan denyut jantung janin bertambah cepat, karbon monoksida menyebabkan berkurangya oksigen yang diterima janin. Anak-anak yang orangtuanya merokok menghadapi kemungkinan lebih besar untuk menderita sakit dada, infeksi telinga, hidung dan tenggorokan. Dan mereka punya kemungkinan dua kali lipat untuk dirawat di rumah sakit pada tahun pertama kehidupan mereka.

Banyak orang tahu bahaya merokok, tapi tidak banyak yang peduli.
Melihat bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan rokok, kiranya diantara kita perlu bahu-membahu berbuat tiga hal utama :

Komunikasi dan informasi tentang bahaya merokok, baik bagi si perokok langsung maupun perokok pasif.

Menyediakan tempat-tempat khusus bagi orang yang merokok agar yang bukan perokok tidak terkena dampak negatifnya.

Jangan merasa segan untuk menegur perokok, jika anda merasa terganggu.
 
Setiap 6,5 detik rokok membunuh satu orang. Jadi, masihkah harus  menunggu lebih banyak korban lagi???
 
Hmmm.. mengerikan bukan???
Alhamdullillah, sampai saat ini, Aku tetap pada #prinsip ku yang "don't say to Rokok". Walaupun Ayah ku seorang perokok, aku tak membenci Beliau, tapi jujur Aku tak suka dengan sifat Ayah ku yang gemar merokok. And Aku juga berharap seseorang yang akan mendapingi hidup ku, bukan dari kalangan perokok. yaa alhamdullillah, orang2 yang ku suka (baik sebagia teman, sahabat, maupun pacar) bukanlah oarng yang suka rokok..... :)
 
Kembali ku ingin bertanya.... beberapa dari orang yang pernah ku introgasi tentang rokok, katanya dengan rokok, pikiran yang stress atau pusing bisa berkurang? tapi menurutku untuk menghilangkan stress dengan pusing ga mesti dengan merokok, tapi banyak cara untuk menghilangkannya, seperti melakukan hobi yang disenangi, atau apa lah gitu, yang jelas jangan rokok.
 
Sekarang,, ku butuh saran kalian buat referensi ku tentang rokok??? 
selamat membaca.....


















0 komentar:

Posting Komentar

 

dwita's story Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea