Rabu, 11 Januari 2012

Cara Transfer Uang antar Bank

Diposting oleh dwita is Miss CueX di Rabu, Januari 11, 2012
Kartu ATM
 ATM???? TRANSFER???
Mungkin Anda tidak akan asing lagi dengan yang namanya ATM. Tapi apa sih sebenarnya ATM itu?
ATM (bahasa Indonesia: Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa Inggris: Automated Teller Machine) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia. Banyak ATM juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko. ATM sering ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti restoran, pusat perbelanjaan, bandar udara, pasar, dan kantor-kantor bank itu sendiri. (sumber : Wikipedia Bahasa Indonesia)
Nah, sekarang yang jadi permasalahnya, terutama adalah alat atau mesin yang digunakan untuk dapat melakukan transaksi dengan menggunakan kartu mungil tersebut. YAPSSS, tepat, dibituhkan Mesin ATM.
Mesin ATM
Untuk saat ini, Saya ingin memberikan informasi yang berhubungan dengan transfer saja, karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebelum itu Saya ingin mencerita sedikit pengalaman Saya saat mentrasfer uang dari Bank BRI – Bank Mandiri.
“Saat itu, Saya akan melakukan transfer uang antar Bank, yakni Bank BRI – Bank Mandiri dengan menggunakan ATM. Yang perlu diketahui bahwa Anda dapat melakukan transaksi (contohnya transfer) dengan bank yang berbeda selama masih dalam jariangan ATM BERSAMA. Sebagai contoh jika anda ingin melakukan transfer ke bank Mandiri atau BNI, anda tidak bisa menggunakan kartu ATM anda, karena baik bank mandiri atau BNI tidak terdaftar di jaringan Prima (jaringannya bank BCA). Dengan logika terbalik, karena bank BCA tidak terdaftar sebagai anggota jaringan ATM bersama (sehingga tidak mempunyai kode bank di jaringan ATM Bersama), maka tidak bisa menggunakan kartu ATM bersama untuk melakukan transfer ke bank BCA. (sumber : http://kangmoes.com)
Maka Saya mau melakukan transaksi, ada beberapa tahapan, anggap saja langkah awal secara teknis telah dilakukan dengan baik yaitu seperti :
-> masuk ruang mesin ATM
-> memasukkan Kartu ATM
-> pilih menu bahasa
-> masukkan PIN
-> pilih menu transaksi lain ( karena Saya akan melakukan transfer uang) :>
-> pilih transfer uang
-> pilih Bank tujuan (karena Saya akan mentransfer sejumlah uang ke Bank Mandiri, sehingga Saya harus memilih menu “Bank Lain”. Kalau tidak salah, ada 2 pilihan menu, yaitu Bank BRI dan Bank Lain.
Nah, jika langkah di atas telah dilakukan, maka Anda akan akan dihadapkan dengan tampilan yang meminta Anda untuk memasukan kode Bank dan nomor rekening. Saya mencoba memasukkan nomor rekening Bank Mandiri, entah kenapa selalu gagal. Sehingga, membuat saya penasaran. Kemudian Saya melakuakn searching cara untuk transfer uang Bank BRI – Bank Mandiri. Dan ternyata, Saya keliru yakni Saya tidak memperhatikan kode Bank. Sehingga dapat disimpulkan jika ingin menstransfer sejumlah uang di ATM yang berbeda (namum masih dalam jariangan ATM BERSAMA) membutuhkan kode Bank tujuan kita kemudian diserta dengan nomor rekening tujuan. Okey, dibawah ini Saya akan melampirkan kode Bank jariangan ATM Bersama. Jadi perlu diingat butuh kode...  :> sedangkan jika hendak transfer dengan jenis Bank yang sama, tidak membutuhkan kode Bank. ;>
-> Lanjut, maka akan disediakan layar, untuk memasukan jumlah nominal yang akan di transfer.
-> kemudian, akan menampilkan tampilan untuk memasukkan nomor referensi. Nah jika Anda tidak tau nomor referensi, maka cukup dikosongkan (biasanya akan ada tulisan yang menyatakan, jika tidak diinginkan maka dikosongkan) lanjut dech
-> kemudian akan menampilkan data diri dari nasabah Bnak tujuan Anda. Karena Saya mentransfer ke Nasabah Bank Mandiri, akan ada beberapa keterangan yaitu no. Rek, nama penerima, jumlah (sesuai yang diisikan).
-> selanjutnya, jangan lupa buat ambil kartu ATM nya... ;>
Oh iya,,, jangan lupa juga buat cek saldo, biasanya jika mentransfer Antar Bank yang berbeda ada potongannya.  Saat Saya transfer itu ada potongan Rp. 5.000-,
Sekian dulu Pembaca,,, informasi yang Saya sajikan diblog ini.... semoga informasi yang disajika bermanfaat buat kita semua ya... ;>
Sedangkan menambah wawasan, jika masih ada yang kurang mengerti dapat melihat caranya di http://transferantarbank.blogspot.com/ .......

9 komentar:

Anonim mengatakan...

thx ya info'a membantu bgt utk yg baru memulai jd nasabah

Unknown mengatakan...

Blog ini berisikan apa yang ku pikirkan,,dan apa yang ku rasakan.... sehingga apa yang ku pikir menarik,,ku tulis di blog ini..untuk melampiskan apa2 ku mau.. thanks... <- kata2 anda diblog sangat membuka pikiran saya.. mungkin kedepannya saya akan membuat blog seperti anda.. terima kasih ya

Allya Shestia Annisa mengatakan...

Sebenarnya aku masih bingung dengan apa yang di maksud di atas.

Rian update mengatakan...

Makasih gan atas infonya sangat bermanfa'at bagi saya

Thank you

NIOMO mengatakan...

このブログ最高

Unknown mengatakan...

Trima kasih infonya.kebetulan aku sdg searching tentang ini.krn tadi bingung diminta nomor referensi.akhirnya aku batalkan transfer.skr lg mau coba lg.thx yah...

Unknown mengatakan...

bu mau tanya kalo memang ada nomer referensi apa di masukan saja tp saya masukan nomer nya kok gak bisa bisa karena di nomor referensi nya ada juga huruf nya tolong di jawab,,

Unknown mengatakan...

nomor referensi saya gak ngerti disitu gak ada pilihanya yang ada benar atau salah untuk lanjut...
Jelasin fong nomor referensi itu apa.....

Unknown mengatakan...

nomor referensi saya gak ngerti disitu gak ada pilihanya yang ada benar atau salah untuk lanjut...
Jelasin fong nomor referensi itu apa.....

Posting Komentar

 

dwita's story Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea