Senin, 16 Januari 2012

cerita PSI ku.....!

Diposting oleh dwita is Miss CueX di Senin, Januari 16, 2012

Hai..... pembaca,,,, kembali nich, menulis sesuatu diblog hanya ingin meriahkan blogku... Untuk kali ini, Aku hanya ingin sedikit bercerita tentang pengalamanku hari ini ( 16 Januari 2012). Tetap hari ini, pukul 10.30 WIB Aku dan teman-teman kelompokku akan seminar alias ujian PSI. PSI itu Proyek Sistem Informasi. Dimana dapat dikatakan PSI itu lebih mirip dengan Skripsi, namun yang membedakannya hanya pada jumlah personalnya, Jika pada PSI dianjurkan untuk berkelompok (maksimal 3 orang), sedangkan Skripsi untuk sendiri. Samanya diperintahkan untuk membuat suatu program dan naskahanya, dimana diberi waktu selama 1 semester pengerjaan dan beberapa kali melakukan bimbingan dengan dosen, demo dan akhirnya uji program. ;>
Nah,,, Pada PSI tersebut, Aku bersama kedua orang temanku, akan melakukan uji atau seminar tersebut didepan dosen pengujiku, adapun judul PSI ku “Sistem Informasi Penjualan dan Pembelian Mebel di Toko Tiga Sahabat Berbasis Multiuser”. Okey,,,, Aku akan sedikit memberikan penjelasan dari programku. Sistem yang kami buat ini adalah suatu sistem yang memberikan kemudahan bagi para admin, manager, dan petugas. Dimana dari aktor tersebut mempunyai tugas-tugasnya masing-masing yang menjadi pembedanya, sehingga sistem yang kami buat berbasis multiuser dalam artian dapat dilihat oleh aktor lain. Namun, kali ini Aku tak ingin terlalu menceritakannya secara detail, hanya secara umum saja,,, hehehe ;>
Nah, begini nich, Aku hanya ingin menceritakan saat giliran Aku masuk ruang dosen pembimbing kami. Wah, tentunya perasaan ini ga menentu, antara gugup, grogi dan blank pikiran dech, takut ga bisa jawab pertanyaan bapaknya, dll. ;>
Nah,,,,, sedikit ku tulis dialog ku dengan sang Dosen.... hahahaha
Dosen : Ya, Masuk.... okey giliran Kamu ya? Spo jenenge?
Aku :  ya, Pak... Dwita, Pak (dengan perasaan kacau dan was-was)
Dosen : Ya, kita mulai.... masuk kesistemnya.
Aku : (aku mulai menjelaskan dan sebelumnya tak lupa buat berdoa). Nah ini sistemnya dimulai dari Login, ada status buat adamin, manager, dan petugas.
Dosen : coba, Kamu buat login salah user atau passwordnya, ada keterangan salah ga?
Aku : (aku pun langsung menginputkan data yang salah untuk user dan password buat admin, dan terdapat keterangan “LOGIN SALAH” dan menunjukkan hasilnya dnegan sang Dosen) ini Pak, jika login salah.
Dosen : oh iya ya... terus coba tunjukkan scriptnya yang menunjukkan bahwa biasa ada LOGIN SALAH tersebut?
Aku : (Aku segera membukan database dan membukan file dengan pada login_proses, dan disana ku jelaskan dengan Dosen, alurnya. Dimana menggunakan pernyataan IF) bla—bla-bla.... ;>
Dosen : Nah, Sekarang kamu tunjukkan hak akses yang membedakan form punya admin, petugas, dan managaer.
Aku : (Naaaahhh ini Dia, bagian ini, ku ga bisa Jawab, ku ngotak-antik, cari scriptnya ga ketemu, mungkin sakaing binggungnya leat program PHP nya, ya udah ku jawab aja ngasal, dan ternyata bapaknya tau loh, kalo aku jawabnya ngasal. #HEBAT :P ) bla-bla-bla
Dosen : Okey,,,, sekarang Kamu bagian mana (maksud Dosennya, kerjaku dibagian mana)? (menurutku mungkin Dosenya ga tega leat aku gugup kali ya hahaha)
Aku : sebenarnya, untuk dibagian program, Saya kurang terlalu mengerti pak (jujur, aku maish binggung dnegan sintak PHP, tapi Aku ngerti alur sistem yang ku buat :P) tetapi kalo untuk Database Saya bisa pak. :)
Dosen : Oooohh Kamu bisa database ya, ya sekarang Kamu tak uji database saja. Tolong kamu tunjukkan cara nampilkan data ini. (sambil menunjukkan data yang ada)
Aku : (Aku buka localhost – SQL dan kutulisan perintah pemanggilan query dan subquery, alahmdullillahnya, Dosen ku meminta menampilkan data yang aku bisa)
Hmmm,,,, singkat dialognya, Dosenku banyak mengujiku dibagian database, yang jika ku hitung-hitung ada 6 – 7 pertanyaan gitu. Namun, hanya 1 yang ga bisa ku jawab. Maklum, sebenarnya program kami itu bentuk program yang sudah jadi dari teman kami semester lalu.
Dan waktu Aku di uji juga tidak terlalu lama, tak selama waktu kedua temanku diuji. Nah, disana Aku berpikir, Apa Dosen kasian sama Aku atau Dosennya tau Aku ga terlalu mengerti program orang lain, atau bahkan Dosenku tau kalo bagian kerjaku lebih sedikit atau apa lah lainnya. Yang jelas Aku mencoba untuk menyingkirkan pikiran negatif itu. Mencoba bisa dan bisa dengan belajar ;>.
Setidaknya dengan PSI, Aku tau rasanya dalam menghadapi dosen dan harus siap menjawab pertanyaannya. Dan tentunya menjadi pembelajaranku buat menggambil skripsi disemester berikutnya. Serta, menjadikan motivasiku, bahwa jika mengambil karya orang lain tanpa belajar itu sama saja sia-sia, melakukan pembodohan terhadap diri sendiri.
Hmmmm.... rencananya sh, pas Skripsi Aku mau buat program sendiri dengan usaha ku sendiri (jika ada kendala bisa bertanya kepada dosen pembimbing dan teman yang mengerti) bukan dengan cara MEMBELI SKRIPSI.... ayo MAJU ;>
Dan,,,, kini, Aku bersama kedua rekan ku perlu melakukan revisi terhadap program (sedikit tambahan dari dosen pembimbing) dan revisi Naskah (Nah ini banyak kali). Setelah terkumpul, Baru dech nilai Kami akan keluar... Aku hanya ingin optimis ga mau pesimis, jadi Aku berpikir nilaiku  bagus/baik.... yang jelas Aku sudah melakukan usaha dalam seminar ini, dan cukup suskes :)
So,,,, Terima Kasih ya Allah, atas kemudah-Mu buat ku dalam seminar PSI ini, terima kasih keluargaku buat dukungannya, terutama IBU ku tercinta, terima kasih buat DOA hya pada Anakmu ini. Dan tentunya teman-temanku yang mendukungku... TERIMA KASIH ALL....

0 komentar:

Posting Komentar

 

dwita's story Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea