Sabtu, 03 Desember 2011

Tips Menjaga Kesehatan Mata Part 1

Diposting oleh dwita is Miss CueX di Sabtu, Desember 03, 2011
Haiii.... para blogger mania, pada kesempatan ini, saya ingin men-share beberapa tips untuk kesehatan mata kita, terutama bagi Kamu yang selalu berkerja didepan komputer atau Laptop, TV, handphone, dll. Agar tetap bisa berlama-lama di layar elektonik dan juga menjaga kesehatan mata kita, dan tipsnya adalah sebagai berikut :

1. Seringlah berkedip, tarik napas pan­jang, dan istirahatkan mata.
Saat mata menatap layar komputer atau layar ponsel, kamu berkedip 2-3 kali lebih jarang ketimbang dalam situasi normal. Ini bisa menyebabkan mata mengalami dry eye alias kekeringan mata. Hati-hati, kondisi ini berpotensi menyebabkan mata mengalami kerusakan permanen. Jadi, sering-seringlah berkedip, sesekali tarik napas panjang untuk ’melepas’ kon­sentrasi mata dari layar dan sesekali pula alihkan pandangan ke obyek di luar layar ponsel/komputer/TV.


2. Gunakan rumus 20/20/20.
Setiap 20 menit, alihkan pandangan ke obyek ber­jarak setidaknya 20 kaki (sekitar 6 meter) dari mata selama 20 detik.

3. Atur Pencahayaan pada layar
Tekanan terhadap mata acap ter­jadi akibat kondisi pencahayaan. Kondisi yang menyilaukan, atau kurang cahaya bisa merusak mata. Jadi, sesuai­kan pencahayaan di ruang tempat melakukan kontak dengan layar ponsel/ komputer/TV.

4. Konsultasi dengan dokter mata.
Dok­ter akan tahu apakah mata Kamu punya cu­kup ’kekuatan’ untuk berinteraksi dengan layar ponsel/komputer/televisi dalam tem­po relatif lama. Jika mata tak cukup kuat, dokter mungkin menyarankan menggunakan lensa kontak atau kaca­mata setiap kali berinteraksi dengan layar ponsel/komputer/TV, guna mengurangi tekanan terhadap mata dan menghindari kerusakan mata permanen.

5. Lakukan Pemeriksaan Mata
Lakukan pemeriksaan berkala untuk memonitor efek kontak mata dengan layar ponsel/komputer/TV terhadap tingkat ke­sehatan mata dari tahun ke tahun.

Semoga tipsnya bermanfaat...
sumber : infonews

1 komentar:

dwita is Miss CueX mengatakan...

Kesehatan itu mahal harganya.... jadi jagalah kesehatanmu, selagi kamu sehat :) ok!

Posting Komentar

 

dwita's story Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea